5 Tempat Liburan Favorit, Nomor 3 Penuh Sejarah


Meski saya suka jalan-jalan, saya bukanlah seorang petualang, mendaki sana-sini, hilir-mudik ke pantai, atau ke tempat wisata hits. Saya pernah mengunjungi tempat-tempat yang ramai dikunjungi dan dibicarakan banyak orang, tetapi bagi saya biasa saja. Pun sebaliknya. Bagi saya, setiap tempat memiliki cerita dan hikmahnya masing-masing. Berkaitan dengan itu, saya akan sebutkan lima tempat liburan favorit versi saya. Apakah ada yang sama? 

1. Mloko Sewu
Mloko Sewu adalah tempat wisata di gunung (dari sana bisa lihat pemandangan Telaga Ngebel) yang sangat asri. Taman disusun begitu rapi, spot foto juga bagus. Bisa tempat kemah juga. Mloko Sewu terletak di Ponorogo. Saat itu, saya berangkat ke sana bersama suami, naik motor, medan terjal, sempat nyasar pula ke dalam gunung plus hutan 😅. Namun, setelah sampai di lokasi, lelah dan penat kami akhirnya hilang dan tergantikan oleh pemandangan dan suasananya yang begitu sejuk. Duh, gak ada panas-panasnya. Saat itu, kami berangkat menjelang puasa (tahun ini loh hehe). Alhamdulillah banget, pengunjung sepi, jadi benar-benar tidak mengganggu penglihatan sejauh mata memandang.
(dokumen pribadi) 

2. Taman Pintar Yogyakarta
Sempat ke sini saat SMA, zaman study tour. Kalau tak salah, saya pergi ke sini setelah berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Tempat wisata Taman Pintar ini pasti jadi salah satu destinasi wajib untuk rombongan anak sekolahan. Karena saya saat itu diberikan waktu yang cukup sempit untuk mengitari lokasi, saya masih ingin kembali ke sana karena sepenasaran itu dengan informasi dan kecanggihan ilmu pengetahuan masa kini. Liburan sambil belajar, ga ada salahnya dong. 
(dokumen tamanpintar.co.id)

3. Museum-museum yang ada di Bandung
Duh, saya gak bisa memilih satu dari sekian banyak museum yang ada di Bandung. Terlepas dari perawatan dan fasilitasnya, saya menghargai keberadaan museum-museum ini. Museum menjadi salah satu tempat yang pertama saya cari jika sedang berada di suatu daerah. Dengan begitu, saya jadi mengenali sedikitnya sejarah daerah tersebut hingga budaya dan perubahan yang terjadi saat ini. Saya bahkan pernah beberapa kali mengunjungi beberapa museum Bandung (Geologi, Sribaduga, Merdeka, Pos). Bosan? Tidak. Karena saya orangnya pelupa hehe. Ada banyak pengetahuan yang akan kita dapatkan jika mengunjungi dan mengitari museum. Murah meriah tapi wah penuh sejarah. 
(saya ambil satu saja ya, Museum Geologi. Dokumentasi disdik.jabarprov.go.id)

4. Bandung Planning Gallery
Saya tak berhenti berdecak kagum saat membaca informasi dan mengetahui rencana-rencana masa depan Bandung. Di sini juga terdapat banyak fitur yang dapat dicoba oleh pengunjung. Unik banget. Ada pula pojok harapan yang jadi tempat spot lucu dan favorit orang-orang. Kalau ingin tahu lebih dekat tentang Bandung berikut kecanggihan teknologinya, datang ke sini, ya! 
(Saat Kang Emil meresmikan lokasi ini. Dokumentasi commandcenter.bandung.go.id)

5. Lembang, Bandung
Ada buanyak buanget tempat seru di Lembang yang patut dikunjungi! Pilihannya banyak, mau tempat liburan yang seperti apa dan fasilitasnya apa aja. Kalau harus memilih dari sekian destinasi wisata yang ada di Lembang, saya belum bisa pilih karena bagi saya, hampir semuanya keren. Pokoknya, selama saya pergi ke sana, saya belum pernah merasakan kecewa.
(Dokumentasi javatravel.net)

Sebenarnya ada dokumentasi pribadi dari lima tempat pilihan ini. Namun, fotonya entah di mana karena saya sempat ganti hp dan kartu memori. Jadi, baiklah tidak mengapa. 

Untuk yang belum pernah berkunjung ke salah satu tempat ini, jangan lupa berkunjung, ya! 

Related Posts

Post a Comment

2 Comments