Ngeblog Itu Keren!


Bagi saya, mereka yang konsisten menulis di blog adalah keren. Selain harus terus berlatih menulis, mereka juga harus terus mencari ide dan konten. Belum lagi harus mengurus tampilan blog. Apalagi, bagi mereka yang menjadikan blog sebagai "bisnis" mereka, tentu harus mempelajari kata kunci, mengoptimasi SEO (Search Engine Optimization), memahami rumus-rumus coding blog, dan lain-lain. Menurut saya, blogger yang "serius" memiliki banyak keahlian dan dituntut untuk terus mau belajar. Mereka bisa merangkap menjadi penulis, editor, desainer, programer, marketer, dan masih banyak lagi. 

Jauh sebelum mengenal seluk-beluk blogging, saya sudah menggunakan blog sejak SMP. Dulu, blog adalah tempat berkreasi saya selain diary. Kalau diary lebih privasi, blog adalah hasil tulisan yang lolos dari seleksi privasi yang bisa saya umbar. Hehe. Selain itu, blog adalah tempat saya mengasah tulisan. Sayangnya, blog SMP saya sudah dihapus karena bagi saya terlalu alay. 😅

Semakin besar, saya semakin berpikir, rasanya, begitu menarik jika blog dioptimasi dengan tepat. Sejak SMA hingga kuliah, aktivitas blogging saya berpindah ke instagram. Namun, instagram terlalu sempit untuk dijadikan sebuah "blog". 

Ada banyak alasan seseorang menulis di blog: dia ingin menuangkan dan membagikan hobinya (misal, senang jalan-jalan, skincare, membaca buku, memasak, dan lain-lain), mengasah kemampuan menulis, menjadikan blog sebagai "diary", berbisnis (dengan menyisipkan produk jualan atau menyisipkan iklan ke dalam blognya), membagikan kembali ilmu yang dimiliki sesuai bidangnya, ingin bermanfaat (setidaknya dengan menyebarkan tulisan informatif kepada pembaca), dan masih banyak lagi. Hal-hal yang tadi saya sebutkan adalah alasan saya juga untuk kembali menulis di blog. 

Lebih kecenya lagi, para blogger ini memiliki wadah dan komunitas tersendiri. Tentu ini menunjukkan bahwa ngeblog bukanlah sebuah aktivitas yang main-main. Ngeblog bisa diperhitungkan sebagai tempat berkarya dan bekerja secara profesional. 
Jadi, kamu udah mulai ngeblog atau belum? 


Related Posts

Post a Comment

0 Comments