adsense

Target-Target Tahunan


Kalau berbicara tentang pencapaian-pencapaian yang ingin dicapai di tahun 2021, sebenarnya buanyaak banget. Rasanya, bahkan tiap hari bisa nambah sebiji dua biji. Hehehe. Mungkin ini lebih ke misi-misi yang akan dilakukan. Karena bagi saya, resolusi-resolusi 2021 adalah misi atau jalan untuk menempuh visi utama, yakni akhirat. 

"Apa resolusimu tahun 2021?"
"Melanjutkan resolusi 2020 yang belum terlaksana."
Ada istilah seperti ini, ya. Betul juga. Hal ini jelas bisa terjadi bagi siapa pun. Namun, bagi saya sendiri, ada resolusi-resolusi khusus alias target-target khusus yang harus terlaksana setiap tahun. Nah, target-target ini bisa membantu target bawahan (hal-hal yang sifatnya praktik dan "terlihat". Nah loh, apakah target khusus itu sifatnya tidak terlihat?).
Daripada bingung, saya jelaskan, ya. Tentu, versi saya, versi pandangan saya. 

Target-target tahunan saya di antaranya berikut ini.

1. Bergaya hidup ikhlas
Ikhlas itu sulit. Praktiknya, saya masih sulit memuarakan segala hal kepada Allah semata. Hal-hal yang saya lakukan, hal-hal yang saya dapatkan, ujian-ujian yang saya hadapi, masih sering saya terima dengan hati yang lalai dan tidak ikhlas. Lupa kalau semua yang terjadi adalah kehendak-Nya, lupa kalau semua yang dilakukan tujuannya adalah beribadah, lupa kalau semua yang saya dapatkan juga berasal dari-Nya. Tahap ini paling sulit karena banyak lupanya. 

2. Hidup penuh berkah
Dalam segala bidang, saya berharap hidup saya dan keluarga diberkahi oleh-Nya. Ini target utama. Meski berkah diberikan atas izin-Nya, manusia sebenarnya bisa mengusahakan. Caranya? Banyak. 
Apa pun yang kami kerjakan, rezeki yang kami dapatkan, usaha serta hasil yang kami lakukan dan terima, harus berkah. Mengapa begitu penting? Karena berkah adalah tambang-tambang kebaikan. Kebaikan yang diterima akan terus bertambah, baik bagi diri saya sendiri maupun orang lain. Dalam keadaan susah pun, berkah akan membantu menenteramkan hati.

3. Hati yang tenang dan bersih
Hati yang tenang dan bersih juga sebagai kebutuhan dasar yang bisa diusahakan. Apa sih urgensinya? Banyak. Hati yang tenang dan bersih akan lebih mudah saat menghadapi masalah, akan lebih mudah menerima dan menjalankan hidup, jauh dari sifat dengki, sombong, misuh-misuh, suuzan, dan semacamnya. Bahkan, disebutkan juga ya dalam Al-Qur'an bahwa yang kelak menjadi penghuni surga adalah mereka pemilik hati yang tenang dan bersih.

Tiga poin ini menjadi poin penting dari target tahunan (alias sepanjang hidup). Kebanyakan dari kita menulis pencapaian-pencapaian untuk kesuksesan materi. Padahal, ada yang lebih penting, yakni kesuksesan dan kebahagiaan jiwa, di dunia dan akhirat. 

Semangat buat kita! 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments