Awal Mula Ngeblog: dari Greyson Chance hingga Dunia

 

sumber gambar: annmariephotography dari Pixabay 

Biasanya, orang-orang yang mulai aktif ngeblog, terkenal dengan orang-orang yang senang menulis. Begitu pun dengan saya, meski kenyataannya, saya memiliki beragam motivasi ngeblog sejak dulu hingga sekarang. Berawal dari menulis ala-ala masa muda yang penuh galau dan cinta monyet, saya mulai menyukai dan merutinkan ngeblog saat itu, tepatnya saat SMP, sekira tahun 2011 (ya sebenarnya ga jelas juga sih ngegalauin apa wkwk). Seiring waktu, saya mulai tertular virus merah jambu kepada seorang penyanyi muda bernama Greyson Chance! Lagu-lagunya (saat itu) hampir saya hafalkan semua, bahkan mulai menjadi fans yang gak garis keras banget, tapi sering ngomongin dia.

wajah Greyson Chance saat masih imut

Greyson Chance pula yang jadi salah satu bahan tulisan blog, dengan tulisan yang (saya akui) begitu puitis, selayaknya orang ngefans alias lebay (maaf ya, ini ngomongin diri sendiri). Gaya tulisan saya juga saat itu terpengaruh dari tulisan-tulisan Dwitasari (yang sempat hits pada zaman saya SMP, tapi akhirnya banyak kabar miring tentang dia *oke skip). Tulisan yang sering meromantisasi keadaan dan menggambarkan emosi/perasaan/sesuatu dengan cukup detail, yang nular ke tulisan saya. Hingga akhirnya... blog terabaikan karena saya masuk SMA.  

Saat awal SMA, saya sibuk beradaptasi dengan banyak hal (karena pindah dari Pekanbaru ke Tasikmalaya), baik dari cuaca, bahasa, maupun kebiasaan. Adaptasi yang saya lakukan hingga saya merasa tidak terlalu asing dengan lingkungan, memerlukan waktu selama satu tahun. Setelah mampu beradaptasi, saya mulai sibuk belajar 'hijrah' yang alhamdulillah cukup banyak mengubah saya, baik dari tampilan maupun pola pikir (ya meski sebenarnya tiap hari juga harus hijrah ya). Selain itu pula, saya saat itu tidak memiliki fasilitas yang memadai (karena biasanya menggunakan laptop) untuk menyentuh dan menulis kembali di blog. Blog akhirnya terlupakan. Termasuk Greyson Chance hehe (hingga sekarang).

Di akhir masa-masa SMA, saya mulai teringat dengan blog dan akhirnya tergugah kembali untuk membaca blog sendiri. Sayangnya, saat saya kembali membaca blog, saya begitu malu dan merasa aneh membaca tulisan sendiri yang saya anggap begitu alay. Tanpa pikir panjang, blog tersebut saya hapus, yang akhirnya saya sesalkan saat ini hehehe (kenapa ngga disimpan aja ya jadi draft, biar ada kenang-kenangan). Sejak saat itu, saya sempat vakum menulis blog.

Entah pada semester berapa saat saya kuliah, saya tiba-tiba rindu menulis blog. Saya putuskan kembali mendaftar blogspot dan menulis beberapa tulisan. Entah karena apa pula, saya mencoba menulis di wordpress dan memindahkan tulisan blogspot saya ke wordpress (dan saya bingung juga lupa, kenapa beberapa tulisannya sekarang ga ada wkwk). Karena wordpress terbilang simpel dan mudah digunakan (terlebih ada aplikasinya), saat itu saya memutuskan untuk lanjut menulis di wordpress (meski jarang).

Pada zaman saya kerja, qadarullah saya mendapat sinyal untuk menikah dan alhamdulillah terlaksana. Saat itu, kami merundingkan undangan pernikahan website yang murah dan efisien. Karena kami tak menemukan website yang cocok, kami memutuskan untuk membuat blog baru dan membuatnya sendiri! Wow. Sungguh berani dan ternyata memusingkan. Karena kami juga tak ingin blog yang digunakan untuk undangan pernikahan sia-sia tak digunakan (setelah pernikahan dilaksanakan), kami memutuskan untuk menyeriusi blog itu dengan mengubahnya menjadi blog yang produktif (alias, blog ini hihi). Karena template blog (dengan tambahan beragam rumus coding dan variasi sendiri) untuk undangan pernikahan hanya dapat digunakan khusus untuk undangan pernikahan, kami saat ini tak bisa melihat jejaknya.. Ya.. Semua ada kelebihan dan kekurangan, ya..

Saat ini, motivasi saya menulis blog dalam rangka (dipaksa) terus belajar, terlebih sudah tidak lagi sekolah formal. Ngeblog juga menjadi hiburan saya tersendiri, terutama dalam mengatasi dan menyingkirkan overthinking saya, apalagi kalau lagi kambuh. Saya harap, semua yang sedang saya usahakan ini bisa bermanfaat untuk diri saya sendiri, bisa menjadi amal jariyah saya, dan semoga bisa bermanfaat untuk semua orang hingga penjuru dunia (ya meski masih menggunakan bahasa Indonesia hehe). Amin.

Selain blog ini, saya masih aktif menggunakan blog wordpress yang beralamat ikfinursyifa.wordpress.com khusus untuk tulisan-tulisan random berbentuk diary. :)

Related Posts

Post a Comment

2 Comments

  1. Kalau aku justru pas sekolah ngga kenal blog sama sekali kak paling banter maen email sama sosial media. Waktu itu lagi booming-boomingnya facebook. Mulai bikin blog tahun 2016 dan aktif nulis 2017, karena butuh wadah buat ngeluarin unek2 yang ada di kepala dan menyalurkan hobi nulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku malah kayaknya gak main email deh, pake email cuma buat fesbuk aja.. Alhamdulillah ya bisa aktif nulis di blog.. Emang bener, nulis bisa jadi terapi sendiri selain sekadar hobi. Semangat yaa ^^

      Delete