adsense

Rekomendasi Kolam Renang di Ponorogo; Review Kolam Renang Tirto Joyo

kolam renang dewasa


Setelah sekian lama tidak berenang, akhirnya dapat informasi kolam renang yang tak begitu jauh dari rumah. Letaknya juga masih di sekitar kota. Tentu saja ini adalah pengalaman pertama berenang selama tinggal di Ponorogo. 

Sebenarnya, bermula dari seringnya lihat story whatsapp teman yang sedang hamil kala itu. Dia merutinkan berenang di waktu-waktu menjelang lahiran sebagai salah satu bentuk ikhtiar agar kelahiran anak pertamanya lancar. Saya tanya info kolam renang, harga hingga tips datang ke sana agar tak ramai pengunjung. Sebelumnya, bahkan dari bulan-bulan yang lalu, saya sebenarnya sudah menemukan satu rekomendasi tempat berenang yang cocok bagi saya dari google maps. Daan ternyata, rekomendasi yang saya temukan juga sama dengan tempat berenang yang direkomendasikan oleh teman saya. 

pintu masuk Tirto Joyo

Ya, kolam renang Tirto Joyo. Kolam renang ini merupakan kolam renang yang berlokasi di Jalan Krakatau, Banyudono, Kec. Ponorogo, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. Tempat ini di google mendapat rating 4,1/5 dan mendapat 840 ulasan hingga tulisan ini dibuat. Kolam renang Tirto Joyo buka setiap hari dari pukul 05.00 s.d. 16.30. Mantap kan? Hanya dengan membayar tiket masuk sepuluh ribu rupiah (untuk semua umur), kita sudah bisa menikmati area kolam renang yang bersih dan nyaman. Area parkir cukup luas dan biayanya terbilang standar; seribu rupiah untuk sepeda, dua ribu rupiah untuk motor, dan lima ribu rupiah untuk mobil. 

Ada empat kolam renang yang tersedia di sana, yakni satu kolam renang dewasa dan tiga kolam renang anak-anak (untuk anak dan balita). Di kolam renang anak, tersedia permainan perosotan (dan tak hanya satu). Karena saya datang ke tempat ini saat pukul enam pagi, kolam renang terbilang tidak ramai (hanya ada beberapa orang). Namun, pada pukul setengah delapan pagi, mulai banyak orang yang berdatangan. Jadi, untuk yang ingin renang tanpa keramaian, bisa datang lebih pagi, ya.. 

kolam renang dewasa tampak dari samping 

kolam renang balita (dipotret setelah pekerjanya membersihkan dinding kolam)

kolam renang anak tampak dari dalam

kolam renang anak tampak dari luar


Selain tidak terlalu ramai, datang pagi-pagi sekali juga akan kebagian air kolam yang masih fresh karena kabarnya, kolam dikuras dan dibersihkan setiap sore hari. Airnya bersih dan jernih, juga tidak terlalu bau kaporit. Saya kurang yakin kedalaman air di kolam renang dewasa. Namun, bagi saya yang tingginya sekira 150-an sentimeter, air kolam tingginya seleher saya. Sangat cukup, sih. Tidak terlalu dalam, juga tidak terlalu dangkal. Meski begitu, dari sekian banyak kolam renang yang pernah saya kunjungi, kolam renang untuk dewasa di sini terbilang sempit alias kurang luas (hanya bentuknya memanjang). Mungkin pengaruh indoor (sebenarnya ga indoor indoor banget sih) dan lahan juga, ya. Meski sempit, kolam dewasa masih bisa digunakan beramai-ramai orang dengan cukup leluasa. It’s okay 😉

Kamar mandi di kolam renang Tirto Joyo cukup banyak dan bersih, tempat meja-kursi untuk makan juga tersedia, ada kantin (dan senangnya boleh bawa makanan sendiri), dan ada pula penyewaan (dan atau beli, ya?) alat renang—karena saya lihat ada baju dan celana renang juga yang dipajang. Tempat ini juga menyediakan musalla, ruang tunggu, dan free karaoke (kalau yang saya lihat di papan informasi). Pokoknya, untuk fasilitas, tidak perlu khawatir ya.

kamar mandi di area kolam renang anak

Untuk kebersihan area kolam dan sekitar, bisa dibilang terjaga dengan baik, ya.. Selain kebersihan kolam renang dewasa yang sudah saya sebutkan, kebersihan kolam renang anak juga tak terlewatkan. Saat saya sedang makan bekal selepas berenang, saya melihat pekerja yang sedang mengamplas dan menyikat dinding kolam renang anak agar tak ada lumut atau kotoran yang menempel. Area sekitar juga bersih, disediakan tempat sampah, ada pula pekerja yang mondar-mandir untuk menyapu. 



Secara umum, meski ada kelebihan dan kekurangan, kolam renang Tirto Joyo tidak mengecewakan saya (asalkan saya berenangnya pagi sekali biar sepi hehe). Bagi saya, rating untuk tempat ini adalah 4/5 karena terlihat dari keseriusan pemilik dalam mengurus tempat ini. Bisa jadi rekomendasi kolam renang keluarga juga nih untuk teman-teman yang mau berenang saat di Ponorogo! 




Related Posts

Post a Comment

0 Comments