[Review] Sebagai Blogger, Sudah Tahu Blog Ini Belum?

Image by StockSnap from Pixabay 

Bagi blogger pemula, tentu ada banyak pengalaman berselancar di google dalam rangka mencari tips dan trik seputar blog, baik itu cara merenovasi blog, memilih template yang sesuai, maupun hal-hal teknis lainnya. Saya pun masih terus mencari rumus kode baru untuk renovasi blog, juga berkunjung ke blog-blog lain untuk mencari beragam inspirasi. 

Beberapa hari ke belakang, saya berkutat merenovasi blog dengan mencari kode CSS yang cocok digunakan pada blog saya. Sebenarnya, saya (yang orangnya kabitaan ini) selalu merasa tak puas dengan penampilan blog saya haha. Saya selalu merasa tertarik untuk mencoba template-template baru. Namun, berhubung akan sangat menguras tenaga karena bisa saja ada yang tidak sesuai dengan template sebelumnya (dan malah akan makin berantakan), saya akhirnya memutuskan untuk renovasi blog dengan menambah elemen baru. 

Pada saat saya berselancar mencari kode-kode HTML itu, saya menemukan beragam pilihan dari banyak blog. Beberapa ada yang kodenya serupa, ada pula yang sedikit berbeda. Karena saya coba mencari kode dan penjelasan yang mudah dipahami, banyak blog yang akhirnya saya kunjungi (dari satu judul pencarian). Saya coba satu-satu. Ada kode yang cocok, banyak pula yang eror. Sebagai orang awam yang masih sering melakukan trial and error dalam urusan ini, penjelasan yang jelas disertai dengan kode yang benar saat disalin, adalah kuncinya.

Dari sekian banyak pencarian, saya beberapa kali menemukan nama blog igniel.com. Tampilan blognya cukup unik, khas pula dengan tampilan warna hijaunya. Penempatan widget-nya rapi dan enak dilihat. Bahkan seingat saya, awal mula bertemu dengan blog ini adalah saat mencari template. Pemilik igniel.com rupanya adalah orang yang profesional di dunia per-blog-an, terutama dengan kode-kode HTML. Dari sekian banyak pengalaman saya mencari kode-kode HTML untuk blog, trik dan kode dari blog igniel.com adalah yang banyak saya gunakan. Penjelasannya begitu runut, jelas, dan rapi. 

Saya yakin, ada banyak orang yang menggunakan template blog dari igniel.com karena beberapa kali saya menemukan blog dengan template yang sama. Yang membuat saya geleng-geleng kepala, salah satu template yang dinamai fiksioner dibagikan secara gratis alias cuma-cuma oleh igniel. Bahkan, perbedaan dengan yang premium pun hanya terletak pada credit di bagian footer blog yang bisa dihapus. Meski begitu, Mbak Igniel menyediakan template blog dengan desain berbeda, khusus untuk premium.

Hal yang membuat saya terkejut sebenarnya, selama ini saya menganggap pemilik igniel.com adalah laki-laki. Ternyata eh ternyata, pemiliknya adalah perempuan. Keren banget sih, Mbak. Saya juga baru tahu kalau igniel.com awalnya adalah blog berisi curhatan biasa, bahkan Mbak pemilik sempat vakum, lalu ia memutuskan menyeriusi blog, yang akhirnya kini banyak orang merasa terbantu, dan bahkan Mbak pemilik mendapatkan royalti dari hasil kerja kerasnya. 

Sebenarnya, saya sekadar bercerita dan berterima kasih kepada Mbak pemilik igniel.com (yang kemudian saya panggil Mbak Igniel aja ya hehe). Blog yang deskripsinya adalah "blogspot dan media sosial" ini menjadi salah satu blog yang mungkin bisa membantu para blogger pemula. Selamat blogging!    


Related Posts

Post a Comment

6 Comments

  1. kayaknya aku juga bakalan sering lihat blog ini deh, isinya bermanfaat banget buat blogger terutama yang masih pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Indah, makasih udah mampir. Betul Kak, bermanfaat banget terutama buat blogger pemula. Penjelasannya juga detail dan mudah diikuti ^^

      Delete
  2. Wah, rajin bgt kak smpe nyari2 kode HTML gt. Aku mah sama sekali gak ngerti dan pusingan soal bgtu hehe.
    Btw aku udh cek igniel.com nya, emg bagus sih temanya kak, sederhana, rapi, tp adem aja gitu lihatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi awalnya penasaran tapi jadi ketagihan. Betul bangett Kak ^^

      Delete
  3. Saya juga senang sekali keliling di blognya mbak Igniel. Bahasanya ringan, tapi berbobot. Terasa sekali profesionalnya 🤭. Saya bahkan sampai ganti template berbayar ke template freenya mbak Igniel ini. Hahaha. Telat ketemunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Kak. Setuju banget! Wah mantep bangett sampai beli template berbayarnya ^^

      Delete