adsense

Secret Royal Inspector and Joy: Drama Sageuk yang Ringan dan Sangat Menghibur

Drama Secret Royal Inspector and Joy


Drama korea tentang kerajaan identik penuh tragedi dan intrik? Betul! Namun, ada beberapa drakor sageuk yang sangat menghibur, tetapi tetap dibumbui masalah-masalah kerajaan. Drama “Mr. Queen”, salah satunya. Setelah drama ini sukses mengambil hati saya karena banyak adegan komedi, saya akhirnya kembali mencari drama sageuk yang gak perlu mikir keras dengan tujuan mencari hiburan yang tak membosankan. Jatuhlah pilihan drama selanjutnya pada drama “Secret Royal Inspector and Joy”.

Alasan Pertama Menonton Drakor “Secret Royal Inspector and Joy”

Poster drama “Secret Royal Inspector and Joy” sungguh membuat penasaran karena para aktor tampil dengan ceria. Tentu gambar sampul ini memvalidasi bahwa genre drama “Secret Royal Inspector and Joy” adalah komedi. Selain itu, drama ini juga bergenre detektif dan romantis. 

poster Secret Royal Inspector and Joy

Alasan selanjutnya adalah karena dua tokoh utama yang bermain di drama ini. Kim Hye Yoon yang baru saya kenal di drama “Extraordinary You” dan “Snowdrop” punya karakter yang sangat khas setiap berakting. Selain Hye Yoon, ada pula Taecyeon. Aktor yang bermain di drama “Vincenzo” ini sangat kuat berperan sebagai pemilik Babel yang dulu berhasil membuat saya naik darah hingga mendidih. Makanya, saat menonton Taecyeon bermain di drama “Secret Royal Inspector and Joy” dengan karakter yang berbanding terbalik saat di "Vincenzo", hati saya merasa puas. Hehehe. Rasanya bos Babel sudah tobat.. 

Pemeran dan Sinopsis 

Selain Taecyeon yang “tobat” dari drama sebelumnya hehehe, ada pula Bae Jong Ok yang pernah berperan sebagai ibu suri di drama “Mr. Queen” yang ikutan “tobat” juga. Selain itu, drama "Secret Royal and Inspector Joy" dibintangi oleh Lee Jae-kyun sebagai Tae-seo, Chae Won-bin sebagai Bori dan Bi-ryeong, Min Jin-Woong sebagai Yook-chil, Par Kang-sub sebagai Goo-pal, dan lain-lain.

Drama ini mengisahkan inspektur Ra Yi-eon yang diperankan oleh Taecyeon. Inspektur Ra adalah inspektur rahasia kerajaan termuda yang hobi memasak. Ia yang terbilang cuek ini justru terpilih untuk diutus ke salah satu provinsi sebagai inspektur rahasia. Provinsi ini adalah tempat yang sangat dihindari oleh banyak inspektur kerajaan karena beberapa inspektur sebelumnya yang bertugas tak pernah kembali dengan selamat. Dalam bertugas, Inspektur Ra pergi bersama dua budaknya yang setia, yakni Yook-chil dan Goo-pal. 

Dalam masa bertugas melihat kinerja-kinerja pemerintah daerah, ada banyak kejanggalan yang ditemukan oleh Inspektur Ra. Di tempat bertugas inilah ia bertemu dengan Joyi, yang diperankan oleh Hye Yoon. Masalah-masalah yang muncul ternyata saling berkaitan satu sama lain. Alhasil, Joyi pun secara tidak langsung ikut membantu menyelesaikan misi Inspektur Ra.

Alasan paling kuat dalam menuntaskan misi ini adalah karena ternyata masalah yang ada juga berkaitan dengan kematian pangeran mahkota, orang yang sudah dianggap sodaranya sendiri. Pecahan-pecahan masalah tersebut disusun oleh Inspektur Ra dan teman-temannya untuk menemukan dalang di balik semua tragedi yang terjadi. 

tokoh Secret Royal Inspector and Joy

Baca juga: 5 Serial Terfavorit, Nomor 5 Bikin Kamu Nostalgia!

Hal Menarik dalam Drama Secret Royal Inspector and Joy

Dalam wawancara Taecyeon di tvN, ia menyebut bahwa drama ini diharapkan bisa menjadi hadiah yang menghibur bagi penonton. Menurut saya, harapan tersebut berhasil karena memuaskan hati saya. Drama ini tayang di akhir-akhir tahun 2021, hampir bersamaan dengan drama sageuk yang lain, seperti “The Red Sleeve” dan “The King’s Affection”. Meski tidak terlalu booming dan banyak dibicarakan netizen (tidak seperti “The Red Sleeve”), drama ini mendapat peringkat 9,7 di platform menonton Iqiyi dan tentu saja membekas di hati saya hehe. Ada hal menarik dari drama ini yang bisa jadi alasan wajibnya kamu menonton “Secret Royal Inspector and Joy” (sekaligus review dari saya).

1. Ringan dan Menghibur

Drama ini berhasil membuat saya tertawa tidak hanya di episode-episode awal, melainkan juga episode-episode akhir. Bisa dikatakan bahwa dari episode 1 hingga 16, unsur komedinya tak pernah lepas. Meski begitu, tragedi yang terjadi tetap ada dan tidak menjadi aneh ataupun berkurang feel-nya. 

Masalah-masalah yang terjadi tetap menjadi sebuah teka-teki yang perlu dipecahkan. Penonton pun ikut diajak menjadi detektif. Namun, teka-teki yang disuguhkan tidak membuat kepala berat sehingga enjoy saat menonton. 

Konflik yang terjadi dalam drama “Secret Royal Inspector and Joy” termasuk beragam dan cerdas dalam penyelesaiannya. Bahkan, di episode 11 hingga 16 banyak bertabur plot twist yang tak terpikirkan sebelumnya oleh penonton dan membuat cerita semakin seru, menegangkan, sekaligus menghibur!  

2. Sudut Pandang yang Berbeda

Gagasan cerita yang diambil sangat segar dihidangkan menjadi sebuah drama sageuk. Kalau kamu biasanya menonton drama sageuk tak pernah lepas dari perebutan tahta kekuasaan, kamu tidak akan terlalu mendapatkannya di drama ini. Cerita ini mengambil sudut pandang kisah dari seorang inspektur kerajaan, yang terbilang jarang disorot. Dari drama ini, kita akan melihat cara kerja seorang inspektur rahasia kerajaan. Kita juga melihat cara kerja pejabat daerah dan pusat yang korupsi berikut kebobrokannya. Rasanya seperti melihat negara sendiri.. hehehe

3. Karakter Tokoh yang Unik

Karakter yang diambil dari tokoh di drama ini tidak digambarkan secara sempurna seperti di kebanyakan drama sageuk. Tokoh Joyi, misalnya. Meski ia adalah seorang yang cerdas dan pemberani, siapa sangka kalau ia ternyata adalah seorang janda yang dianggap rendah oleh masyarakat Joseon kala itu. Meski dianggap ‘rendah’, ia punya tekad kuat atas keputusannya sendiri. 

Selain itu, tokoh Inspektur Ra digambarkan unik. Meski menjadi inspektur rahasia kerajaan yang sukses dalam menjalankan misinya, ia justru tidak tergiur dengan tahta kekuasaan. Dengan tingkahnya yang tegas kadang-kadang konyol, Inspektur Ra lebih memilih menjadi koki yang terkenal di Joseon.

Di dalam menjalankan tugasnya, Inspektur Ra tidak dibuat tangguh dari awal hingga akhir episode. Ia pernah jatuh dan merasa tidak berguna (lemah secara fisik dan psikis). Tentu saja ini menjadi karakter yang unik karena menonjolkan sifat ‘apa adanya’ si tokoh.

4. Membawa Banyak Pesan 

Beberapa pesan yang diberikan dari drama ini tentu tidak lepas dari keserakahan manusia terhadap kekuasaan. Selain itu, pesan yang ditonjolkan juga adalah harus adanya persamaan hak dan kewajiban warga negara, tak peduli kelas sosial dan gendernya. Salah satu scene yang juga menyinggung permasalahan saat ini adalah keserakahan manusia jauh lebih buruk daripada binatang, yang banyak mengambil alih lahan dengan cara yang tidak pantas. Selain itu, adanya pesan-pesan ringan yang menyentil fenomena yang terjadi di kalangan generasi muda saat ini adalah fenomena sebelum makan harus mengambil gambar dahulu, juga adanya permintaan endorse gratis dengan iming-iming akan mempromosikan produknya.

Drama “Secret Royal and Joy” bisa ditonton di Viu, Iqiyi, dan Vidio. Untuk yang ingin hiburan dari drama sejarah, drama ini adalah salah satu pilihan terbaik! 


*keterangan: semua gambar diambil dari tvN dan soompi


Related Posts

Post a Comment

7 Comments

  1. Yang unik dari kisah ini, adalah hadirnya sudut pandang Inspektur, jadi gak melulu tentang perebutan kekuasaan dan drama. Ada unsur logisnya mengapa perebutan kekuasaan itu terjadi, dan yang mengungkapkan Ra Yi-eon

    ReplyDelete
  2. Pernah nonton ini tp berenti di tengah-tengah cerita soal.y lama nunggu dan mungkin ceritanya bukan genre sya

    ReplyDelete
  3. Saya sama sekali ga pernah nonton drakor, apa karena faktor "U" alias umur ya!. mungkin nanti dipertimbangkan untuk mencoba nonton karena ceritanya yang unik.

    ReplyDelete
  4. Tema Sageuk lagi menjamur ya pada drama korea, aku jadi pengen nonton film Secret Royal and Joy setelah baca artikel ini. Nonton tanpa aplikasi bisa ga kak? nyari di tele ah haha

    ReplyDelete
  5. Kayaknya menarik ya ceritanya. Tapi sayang saya termasuk yg ngga sabaran kalo lihat drama serial gini. Nunggu diangkat ke film yang sekali tonton langsung selesai

    ReplyDelete
  6. bagus nih buat rekomendasi film korea, kayaknya pembawaannya sangat ringan tapi menghibur

    ReplyDelete
  7. pernah nonton awal awalnya ternyata bagus ya nyesel gak nerusin

    ReplyDelete