adsense

Tips Memilih Template Blog dan Rekomendasinya pada Blogspot

 

tips memilih template blogspot dan rekomendasinya


Template blog atau yang kini berubah nama menjadi tema (theme) blog adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan bagi para bloger. Hal ini karena tema blog dapat memengaruhi kualitas website bloger, mulai dari tampilan yang nyaman dilihat, fast loading, mobile friendly, mendukung artikel mudah terbaca oleh google, support penayangan iklan hingga responsif. Tema blog yang tepat tentunya juga akan memengaruhi kuantitas pengunjung blog, meski tema bukan satu-satunya faktor. 

Bagi para bloger yang menggunakan platform blogspot (dan bisa diakses melalui platform blogger.com), memilih template blog menjadi aktivitas yang mengasikkan sekaligus melelahkan. Apalagi saat ini ada banyak penyedia template blogspot yang menawarkan beragam pilihan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Saya sendiri membutuhkan waktu beberapa hari untuk memilih dan mencoba template blog yang sesuai. 

Ada beberapa syarat penting bagi para bloger yang sedang mencari atau ingin mengganti template blogspotnya. Syarat ini menjadi syarat umum yang wajib diaplikasikan.

1. Fast Loading

Blog yang fast loading saat diakses, menjadi poin penting demi kenyamanan pembaca. Jika loading halaman blog terbilang cukup lama, pembaca cenderung merasa bosan dan kesal, bahkan hingga menutup halaman blog kita. Biasanya, penyebab loading blog lambat adalah beratnya template yang dipakai. Oleh karena itu, pilihlah template yang simple. Tema blog yang sederhana ini akan lebih ringan dibandingkan tema blog majalah/berita atau tema blog yang memerlukan banyak gambar dan fitur yang lain. Kamu juga bisa mengecek kecepatan loading blog kamu di situs GT Metrix, PageSpeed Insight, dan lain-lain.

2. Mobile Friendly dan Responsif

Berdasarkan data statistik yang saya miliki dan relevan dengan data dominan pengunjung blog pada umumnya, sebagian besar mereka membaca blog menggunakan handphone-nya. Oleh karena itu, meski kamu menemukan template blog yang cantik dan menarik saat dibuka di PC, cek ulang apakah tema tersebut responsif dan mobile friendly jika dibuka melalui gawai ataupun tablet. Jika tidak, saya sarankan jangan dipilih hehehe.

3. User Friendly

Buatlah pembaca betah berkunjung ke blogmu, salah satunya dengan memberikan navigasi yang jelas. Misalnya, tersedia navigasi utama yang terdiri atas kategori/label artikel, adanya rekomendasi artikel terkait yang masih satu topik dengan artikel yang dibaca, dan beberapa navigasi lainnya. Struktur navigasi pun perlu jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Hal tersebut akan memengaruhi pengunjung untuk betah berlama-lama membaca artikel di blogmu.

Baca juga: [Review] Sebagai Blogger, Sudah Tahu Blog Ini Belum?

Setelah mengetahui syarat penting tersebut, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam memilih template blogspot. Agar kamu tidak lepas-pasang alias gonta-ganti template blog (yang tentunya memerlukan waktu dan energi besar), tips berikut ini semoga membantumu untuk lebih cepat dan tepat dalam memilih tema. 


Mau Template Gratis atau Berbayar?

Bagi pemula, template gratis mungkin bisa menjadi opsi pertama. Meski template gratis tersedia di berbagai penyedia template blogspot, fitur yang akan kamu dapatkan biasanya terbatas. Ada beberapa bagian yang tidak tersedia seperti yang dicontohkan dalam demo template. Fitur yang tersedia pun biasanya ada yang tidak support saat diterapkan di blog. Meski begitu, kita masih tetap bisa menggunakannya, tentu dengan fitur yang terbatas ini, ya. 

Beberapa rekomendasi penyedia tema atau template blogspot yang bisa dipakai adalah dari SoraTemplates dan OmTemplates. Kita juga bisa upgrade tema di keduanya dengan membayar sejumlah yang ditentukan. Harganya pun terbilang terjangkau. 

Di Indonesia sendiri, salah satu rekomendasi penyedia template blogspot adalah igniel.com. Mbak Igniel menyediakan tema yang gratis dan berbayar. Untuk yang gratis, template Fiksioner bisa menjadi pilihan. Jika kamu ingin menghapus link credit blog di footer, kamu cukup membeli yang versi premium. Selain tema Fiksinoner, ada pula beberapa tema gratis dan premium yang disediakan di sana. 

Kamu sudah tahu dengan sugeng.id? Mas Sugeng juga terkenal di kalangan bloger karena menyediakan beragam template premium berkualitas, mulai dari tema blog artikel hingga blog jualan. Harga yang ditawarkan pun terbilang terjangkau. Saya pun pernah membeli template dari sini.

Gratis ataupun berbayar, sesuaikan dengan kebutuhan dan keadaanmu, ya. 


Tentukan Niche Blog

Kini, menulis di blog tidak lagi sebatas curhat. Blog diisi dengan tulisan informatif atau artikel bermanfaat dengan tujuan berbagi dan bertukar pendapat. Oleh karena itu, memilih topik tulisan di blog menjadi sesuatu hal yang perlu diperhatikan. Topik ini bisa disesuaikan dengan kecenderungan minatmu terhadap sesuatu. Keuntungan jika kamu menerapkan niche blog adalah kamu bisa lebih dikenal sebagai "ahli". Selain itu, dapat membantumu untuk lebih fokus terhadap suatu topik hingga lebih mudah dimonetisasi oleh pemilik iklan atau diajak bekerja sama oleh suatu brand. Beberapa niche blog yang umum dipilih oleh orang-orang adalah keuangan, wisata & travel, kuliner, fashion/beauty, parenting, edukasi, game online, kesehatan, dan otomotif. 

Bagaimana kalau belum bisa menentukan satu topik untuk niche blog? Untuk sementara (atau mungkin selamanya hehe) bisa memilih blog gado-gado seperti yang saat ini saya terapkan. Orang-orang lebih banyak menyebutnya dengan sebutan niche life style. Meski gado-gado, tentu ada satu topik yang menjadi kecenderungan minatmu dan bisa ditonjolkan pada blog. 

Memilih niche ini nantinya berpengaruh pada template yang akan kamu pilih. Misalnya, jika niche blogmu adalah artikel edukasi, berita, keuangan, dan semacamnya, kamu bisa gunakan beberapa contoh tema berikut.

template blog metronic


template blog maxtrim dari igniel.com

template blog fiksioner dari igniel.com


Contoh lain adalah niche kuliner yang bisa kamu pilih tampilan blognya seperti berikut ini.

contoh template food blog


Temukan Gayamu

Bagi saya, blog personal menjadi profil atau cermin tampilan penulisnya. Oleh karena itu, tampilan blog dipilih dan dirapikan juga sesuai selera pribadi. Misalnya, saya cenderung menyukai warna pink dan ungu, maka warna basic template saya ada warna tersebut. Karena topik blog saya gado-gado dan ingin terkesan lebih "santai", saya mencari tema yang juga terlihat lebih santai. Saya juga memperhatikan tiap detail blog yang perlu saya tambahkan, hilangkan, atau perbaiki, misalnya menambah tombol share di bagian bawah layar, memilih warna di link credit, menambah tampilan preview artikel terbaru yang berbentuk grid, memilih tampilan label di halaman beranda (meski kecil), menghilangkan tampilan postingan populer bawaan dari template, dan lain-lain. 

Blog yang saya anggap sebagai rumah ini secara berkala perlu dibersihkan atau dirawat, meski hanya sekadar menambah artikel baru. Gaya dan preferensi tiap-tiap orang tentunya berbeda. Meski tidak kamu sengaja atau sadari, kecenderunganmu ini tentunya akan berpengaruh pada tampilan blog.

        


Related Posts

Post a Comment

4 Comments

  1. Kalo saya nyari di gooyaabitemplates dan banyak pilihan, milih templatenya lama apalagi otak atik htmlnya biar templatenya sesuai selera lebih lama lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iyaa gooyaabitemplates banyak pilihannya juga.. Betul banget, otak-atiknya butuh waktu lama :D

      Delete
  2. Lupa dulu pakai template dari mana, tapi sejauh ini masih nyaman hihi. Next kalau sudah nggak responsif perlu banget buat ganti dan pakai tips ini. Btw, thank you tips-nya mbak, bermanfaat banget! :)

    ReplyDelete