adsense

Ikut Blog Challenge BPN Ramadan, Manfaatnya Berlapis-Lapis

Ikut Blog Challenge BPN Ramadan, Manfaatnya Berlapis-Lapis

Blogger Perempuan Network adalah komunitas blogger perempuan terbesar di Indonesia. Saya terbilang baru mengetahui komunitas ini, yakni saat aktif blogging tahun lalu. Selain bisa melihat tulisan para blogger lain yang menginspirasi, kelebihan jadi member Blogger Perempuan Network (yang sekarang kita singkat menjadi BPN) adalah bisa ikut beragam kegiatan yang diselenggarakan, mulai dari ikut challenge menulis, ikut webinar hingga ikut lomba menulis blog yang tak jarang berkolaborasi juga dengan brand lain.

Salah satu agenda khas yang ditunggu-tunggu para blogger di bulan puasa adalah agenda BPN Ramadan. Dalam agenda ini, blogger diberi tantangan menulis blog selama tiga puluh hari atau selama bulan puasa. Karena saat awal membuat blog sekira tahun lalu saya sudah mulai tahu komunitas ini dan kebetulan tak jauh waktunya dengan bulan Ramadan, akhirnya saya merasa tertantang untuk ikut. Saat itu, tujuan saya ikut saat itu adalah ingin aktif menulis untuk blog baru. Namun, sayangnya, saya hanya tahan setengah bulan. Di pertengahan jalan itu, saya merasa bosan, jenuh, dan bingung. Saya kalah dengan diri sendiri dalam menantang diri untuk konsisten dan disiplin.

Di tahun ini, saya tidak kapok dan kembali ikut BPN challenge yakni BPN Ramadan, tujuannya tetap sama, yakni agar aktif menulis. Apalagi bulan-bulan terakhir ini, saya sangat jarang aktif menulis di blog sendiri karena sudah merasa capek dan jenuh menulis artikel orang lain. Kadang-kadang, saya kebingungan dalam memilih topik yang akan dipilih untuk postingan blog. Akhirnya, sempat beberapa kali postingan saya hanya tentang drama dan film secara berturut-turut. Yaa hitung-hitung sambil menyelam minum air, mencari hiburan sekaligus memberi ulasan. Nah, karena mengikuti BPN Ramadan ini, saya tidak perlu bersusah payah mencari tema postingan karena sudah ditentukan oleh BPN.

Dalam setahun terakhir, saya mulai mempelajari SEO dan semacamnya. Saya sudah mulai mempertimbangkan ranking blog saya yang baru lahir ini dengan melihat nilai Domain Authority, Page Autority, Spam Score, Alexa, dan lain-lain. Selain itu, saya pun mencoba otak-atik Google Search Console dan Google News. Karena saya sadar blog saya masih 'anak bawang', saya juga harus sadar diri untuk mau bersusah-payah meningkatkan kualitas blog, salah satunya ya rajin update artikel. Setidaknya. selama sebulan ini, agenda BPN sangat membantu kami para blogger untuk memaksakan diri rutin menulis dan posting artikel. Tema yang diberikan BPN pun sebenarnya bisa disisipi banyak keyword ramah SEO dalam artikel. Meski belum bisa maksimal dalam memberikan kata kunci itu, setidaknya saya bergerak pelan-pelan, tidaak vakum sama sekali.

Tema-tema yang diberikan oleh BPN masih seputar puasa, produktifitas blogging, dan lebaran. Tema-tema ini sesungguhnya sangat bermanfaat karena membantu saya untuk mengingat ulang dan mencari lebih dalam tentang banyak ilmu dan informasi. Hal ini tentu menjadikan kami bisa lebih produktif di bulan Ramadan. Selain itu, para blogger pun merasa senang karena dapat membagikan beragam informasi kepada orang lain.

Manfaat lain yang saya rasakan dari mengikuti challenge BPN Ramadan adalah dapat lebih mengetahui dan mengenal blogger lain. Biasanya, BPN akan reupload story para blogger yang mempromosikan postingan terbarunya  Instagram. Dari sana, kami bisa saling follow dan berbagi inspirasi. Tentu melaksanakan sebuah kegiatan secara bersama-sama akan menjadi lebih unik dan asik. Meski tema yang diberikan sama, tulisan setiap orang dari para blogger tetap berbeda, selalu menarik untuk dibaca, punya karakter yang bermacam-macam, dan dari sudut pandang yang beragam.

Related Posts

Post a Comment

0 Comments