adsense

Selain Enak dan Menyehatkan, 4 Menu Berbuka Ini Sangat Praktis Dihidangkan

menu buka puasa praktis (image by Odua Images on Canva Studio)

Waktu berbuka menjadi waktu yang ditunggu-tunggu bagi semua yang melaksanakan ibadah puasa. Selain membuat kita berbahagia setelah menahan lapar dan dahaga seharian, waktu berbuka hakikatnya mengandung keberkahan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Rasulullah dalam hadisnya, 

"Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak." (HR Muslim, 1151)

Berdoa saat berpuasa hingga saat berbuka juga menjadi salah satu waktu dikabulkannya doa, seperti hadis berikut ini.

"Ada tiga doa yang tidak tertolak: doa pemimpin yang adil, doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah)

Selain itu, terdapat hadis, "Dari Abdullah bin 'Amr bin Al-'Ash, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, 'Sesungguhnya doa orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.'") (HR Ibnu Majah, 1753)

Agar momen berbuka menjadi semakin menyenangkan, mencari hidangan praktis dan menyehatkan bisa menjadi solusi yang tepat, terutama bagi mereka yang sibuk. Rekomendasi menu berbuka yang praktis ini juga cocok sebagai pilihan santapan sehat. 


1. Air Kelapa Muda 

(image by Samuraioasis on Canva Studio)

Saat sakit, air kelapa muda menjadi salah satu minuman yang wajib ada di keluarga saya. Tentu hal ini disesuaikan dengan kondisi penyakit yang diderita, ya. Karena telah mengandung gula di dalamnya (meski tidak seperti minuman manis yang lain), air kelapa lebih baik disantap langsung tanpa tambahan pemanis apa pun. Bagi saya, air kelapa muda murni sudah terasa enak dan menyegarkan. Hal ini pula yang membuat air kelapa muda cocok dikonsumsi oleh orang yang mengidap penyakit diabetes. 

Manfaat lainnya dari air kelapa muda untuk berbuka adalah dapat menambah elektrolit dan mineral pada tubuh sehingga dapat menghidrasi tubuh. Kandungan nutrisi di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, natrium, dan kalium. Dengan begitu, komposisi dalam air kelapa muda dapat membantu mengatur tekanan darah dan kolesterol, baik untuk pencernaan, mencegah radikal bebas hingga mencegah penyakit batu ginjal. 

   

2. Buah-Buahan  

(image by Zolotova on Canva Studio)

Buah-buahan menjadi salah satu menu wajib selama berpuasa. Kandungan nutrisi dan serat di dalamnya dapat membuat tubuh terhidrasi dan terasa lebih bugar. Selain itu, buah-buahan dapat meningkatkan stamina tubuh selama berpuasa. Untuk menu berbuka, ada banyak yang dihidangkan dalam mengolah buah-buahan. Buah bisa dijus agar terasa lebih segar. Dalam membuat jus, madu bisa digunakan sebagai pengganti gula. Selain dijus, membuat sop buah atau salad buah bisa menjadi opsi yang lain. Jika tidak ingin repot, menyantapnya langsung tanpa diolah menjadi hidangan lain pun tak kalah enak dan menyegarkan. Beberapa rekomendasi buah yang bisa dipilih untuk menu berbuka adalah pisang, semangka, pepaya, dan alpukat.

  

3. Kurma 

(image by Langan on Canva Studio)

Meski kurma termasuk dalam jenis buah juga, saya tempatkan kurma di poin yang berbeda karena keistimewaannya. Buah kurma menjadi buah yang khas disantap selama Ramadan. Bulan Ramadan rasanya menjadi kurang lengkap jika tak mengonsumsi buah yang satu ini. Penjualan kurma di masa-masa ini pun meningkat drastis. Hal ini tak heran karena kurma menjadi salah satu bagian dari sunnah Rasulullah, yakni buah yang dimakan saat berbuka puasa. Kandungan karbohidrat di dalamnya mencapai 70% dan mengandung beberapa nutrisi, seperti protein, serat, vitamin B, kalium, magnesium, zat besi, dan vitamin K.

 

4. Es Timun 

(image by AmalliaEka on Canva Studio)

Selain menjadi hidangan sayuran dan lalapan, mentimun juga bisa dijadikan santapan berbuka yang manis dan segar. Menu ini biasanya saya temukan saat pulang ke rumah orang tua di Pekanbaru. Untuk dihidangkan sebagai es timun, pilihlah mentimun yang ukurannya agak besar. Mentimun yang ukurannya agak besar ini diparut atau dikeruk bagian dalamnya. Jika sudah diparut atau dikeruk, tambahkan air gula dan es batu. Agar terasa lebih segar, es timun bisa ditambahkan dengan sedikit perasan air jeruk lemon. Jika ingin lebih variatif, bisa pula tambahkan selasih dan nata de coco. Kandungan yang ada di dalam mentimun terdiri atas berbagai nutrisi, seperti vitamin C, antioksidan, natrium, rendah lemak, dan rendah kalori sehingga baik untuk kesehatan tubuh. 


Related Posts

Post a Comment

0 Comments