adsense

4 Alasan Blogging Menggunakan Blogspot

alasan blogging menggunakan Blogspot

Aktivitas ngeblog atau blogging tak pernah lepas dari platform sebagai wadah menuangkan ide tulisan. Dua yang paling terkenal di antara banyaknya platform blogging adalah WordPress dan Blogspot. Platform WordPress dan Blogspot ini menjadi andalan teratas bagi para blogger Indonesia. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Saya sendiri sejak awal hingga saat ini menggunakan platform Blogspot meskipun mulai mencoba WordPress untuk khusus tulisan random (diary). Ada beberapa hal yang membuat saya masih betah menggunakan Blogspot. Beberapa kelebihan Blogspot untuk platform blogging adalah sebagai berikut.


Tema yang Beragam

Blogspot yang disediakan oleh google memiliki tema atau template yang beragam. Tema ini juga bisa disesuaikan dengan niche blog kita, seperti blog khusus travel, blog makanan, blog edukasi, blog berita, dan lain-lain. Penyedia template Blogspot saat ini pun menjamur dari mana-mana, baik dari Indonesia maupun luar negeri. Harga template yang ditawarkan pun terbilang terjangkau. Bahkan, bagi yang belum bisa membeli template Blogspot, bisa juga dengan menggunakan template gratis (pahami syarat dan ketentuannya, ya). Dengan memilih secara tepat template Blogspot yang kita gunakan, performa blog kita akan baik dan meningkat. 


Mudah Digunakan

Dulu ketika masih SMP saat pertama kali menggunakan Blogspot, saya terbilang tidak kesulitan dalam menggunakannya. Mengedit template dari hal-hal yang dasar saja cukup mudah. Saat kembali aktif menggunakan Blogspot 9 tahun kemudian, berbagai fitur mulai dicoba dan tidak banyak fitur yang membuat saya bingung. Kemudahan menggunakan Blogspot dirasakan hampir di semua fitur, mulai dari fitur lembar kerja, fitur mengedit tata letak, fitur mengedit pengaturan dasar, fitur deskripsi penelusuran, permalink, meta tag, hingga fitur mengedit tema dengan edit html. Navigasi yang disediakan oleh Blogspot sangat lengkap dan sederhana. Satu hal yang terpenting lagi adalah mudah dibaca dan diikuti. 


Terhubung ke Banyak Platform

Karena Blogspot disediakan oleh google, pengaturan untuk kepentingan-kepentingan di luar blogging (seperti iklan, menghubungkan dengan google search console dan google news), cukup mudah diatur. Para pengguna Blogspot tidak perlu menggunakan tools lain yang berarti tidak perlu menginstal fitur dan aplikasi lain. Saat daftar Blogspot pun, kita hanya perlu menggunakan akun google. Jika sudah terhubung dengan akun google di browser, membuka Blogspot tidak perlu login ulang karena akan otomatis terhubung. 


Media Penyimpanan dari Google

Poin ini menjadi salah satu poin penting yang hingga saat ini menjadi alasan saya untuk bertahan menggunakan Blogspot. Semua aktivitas blogging kita, termasuk gambar yang kita unggah, akan disimpan di media penyimpanan akun google kita. Hal ini sangat membantu para blogger untuk menghemat biaya tanpa harus membayar biaya hosting. Tentu ini sangat membantu saya, terutama karena masih pemula terjun serius di bidang blogging.    

Related Posts

Post a Comment

0 Comments