adsense

4 Tujuan Blogging, Bukan Sekadar Curhat dan Nulis

tujuan dan manfaat blogging atau ngeblog

Siapa sangka, aktivitas blogging saat ini makin populer (tidak hanya di kalangan para blogger) untuk berlomba-lomba mencapai banyak tujuan. Uniknya, meski secara garis besar para blogger memiliki tujuan yang sama, tiap-tiap blogger punya tujuan khusus masing-masing yang berbeda juga, lho. Aktivitas blogging menjadi lahan yang luas banget untuk para blogger berkreasi, mencari relasi, menunjukkan jati diri hingga tempat mencari money alias duit.

Ngeblog atau blogging sebenarnya sudah dari dulu eksis sebagai aktivitas yang membuahkan seribu manfaat, baik untuk para blogger maupun para pengunjungnya. Bahkan, menjadi blogger sudah masuk dalam jajaran pekerjaan 'nyantai' tapi ga nyantai juga yang menjanjikan. Sayangnya, masyarakat umum masih banyak yang belum tahu tentang kegiatan dan pekerjaan ini. Seseorang yang memiliki blog dianggap sebagai orang yang suka nulis atau curhat saja. Padahal, aktivitas browsing dalam mencari informasi di pencarian google tak pernah terlepas dari tulisan para blogger. Para pegunjung pulalah yang membantu para blogger untuk mendapatkan uang hehehe. Menarik, bukan?

Secara umum, ada empat tujuan para blogger melakukan aktivitas blogging atau ngeblog. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.


Mengasah Tulisan dan Membagikan Informasi

Aktivitas utama blogging adalah menulis. Makin sering seorang blogger menulis artikel, makin terasah pula untuk makin terampil dalam menulis. Blog juga menjadi ladang yang tepat dalam menuangkan gagasan para blogger. Di sana, blogger bebas menulis sesuai idealisme (dan curhatannya) masing-masing. Penyisipan gambar dan unlimited karakter di platform blog pun mendukung blogger untuk mengekpresikan ide dan perasaannya. Selain itu, tulisan yang diposting di blog dan dibaca oleh banyak orang akan memuaskan hati para blogger, apalagi jika tulisan tersebut bermanfaat dan dibagikan meluas. Bagi kaum-kaum idealis, blogger akan diatur sedemikian rupa secara perfeksionis agar menerbitkan tulisan-tulisan yang berkualitas. Oleh karena itu, tak heran kita bisa menilai seorang blogger menjadi seorang yang 'ahli' di bidangnya dari artikel-artikel yang dimuat dalam blognya.


Menjadi Tempat Personal Branding

Saat ini, istilah influencer sedang hangat dan banyak digunakan. Para influencer ini biasanya memiliki pengikut yang loyal. Para influencer ini tentu membuat personal branding sebagai jati diri mereka di berbagai media sosial. Bahkan, kini para influencer ada yang dituntut untuk memiliki blog atau website-nya sendiri demi kebutuhan influence mereka. Memiliki blog atau website pribadi biasanya dipandang lebih profesional.

Berbeda dengan platform di beragam media sosial, blog hadir sebagai tempat banyak hal dan sangat cocok menjadi tempat personal branding yang baik. Membagikan informasi dengan tulisan panjang dan sisipan gambar bisa memaksimalkan peran para influencer dalam 'mengedukasi' pengikutnya. Selain itu, blog bisa memberikan banyak menu navigasi yang bisa digunakan sebagai laman informasi yang lain, misalnya laman portofolio. Bahkan, blog juga menjadi salah satu tempat bagi para pelaku usaha untuk membangun branding dan menawarkan produknya secara lebih lengkap dan jelas. 


Membangun Relasi

Saat ini, komunitas blogger sudah menjamur di mana-mana. Ada yang sifatnya lokal (dalam satu daerah saja), ada pula yang sifatnya nasional. Meski terkumpul secara online, komunitas blogger sangat memiliki peran penting bagi para membernya. Selain dapat mengikuti beragam event dengan bertabur ilmu dan hadiah, para blogger juga mendapatkan banyak teman dari berbagai daerah. Dengan begitu, para blogger bisa saling menginspirasi satu sama lain. Para blogger juga biasanya saling sharing terhadap suatu topik yang sedang hangat dibicarakan (terutama perihal blog). Saling bertanya dan mencari solusi terkait kebingungan seputar blogging juga sering dilakukan. Serunya lagi, para blogger bisa saling berkolaborasi dan bekerja sama.


Menambah Penghasilan

Selain ketiga tujuan tersebut, blog juga menjadi tujuan para blogger untuk mencari penghasilan. Dari mana sumber penghasilan tersebut? Sebenarnya berasal dari bermacam-macam sumber. Satu yang paling terkenal adalah google adsense. Salah seorang teman blogger saya bahkan sudah berpenghasilan dua digit setiap bulan dari blog bule (blog yang sasarannya untuk masyarakat luar negeri) yang ia bangun. Ada pula yang memutuskan untuk menjadi full time blogger karena sudah mendapat gaji yang menjanjikan dari google setiap bulannya. 

Selain bersumber dari google adsense, sumber penghasilan para blogger yang lain adalah dengan mengikuti lomba blog, bekerja sama dengan suatu brand, dan mendaftarkan blognya di suatu platform jual-beli backlink, seperti Rajabacklink, Vira.id, Sosiago, dan lain-lain. Di platform ini, biasanya blogger (yang sudah memenuhi syarat) mendapat pekerjaan untuk menaruh artikel (dari suatu brand) di blognya sendiri. Ada pula jenis penawaran yang lain, yakni blogger menulis sendiri artikel sesuai ketentuan brand, lalu di-publish di blognya. Untuk jenis yang ini, bayarannya pun sedikit lebih mahal daripada yang hanya sekadar posting. Hal yang perlu diperhatikan jika blog ingin menjadi sumber penghasilan adalah seorang blogger perlu serius mengoptimasi blog agar situsnya masuk dalam pencarian tertinggi google dan mendapat ranking penilaian blog sesuai dengan ketentuan masing-masing platform. 


Bagaimana pun tujuannya, menulis blog adalah aktivitas yang sangat menyenangkan dan memiliki banyak manfaat. Untuk yang belum memiliki blog dan tertarik untuk menulis blog, yuk segera buat dan menulis! Ngga usah pikir-pikir panjang terlalu lama, nanti malah mengendap jadi kenangan dalam pikiran *eh.           

     

Related Posts

Post a Comment

0 Comments